Survei Parameter Politik: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi

avatar ADMIN

GARASINEWS.COM - Hasil survei elektabilitas nasional calon presiden (Capres) 2024 oleh Parameter Politik Indonesia menunjukkan Ganjar Pranowo berada di posisi teratas. Gubernur Jawa Tengah itu mengalahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berdasarkan pilihan top of mind, Ganjar unggul dengan 25,4 persen. Di belakang Ganjar ada Prabowo Subianto dengan 19,0 persen. Sedangkan Anies Baswedan dengan 17,8 persen.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menuturkan, Ganjar Pranowo sementara ini mendapat dukungan tertinggi pada skenario elektabilitas terbuka, elektabilitas 14 nama, 10 nama, 7 nama, 5 nama dan 3 nama.

“Artinya selisihnya cukup jauh yaitu 5 persen lebih,” kata Adi Prayitno, dalam keterangannya yang diterima GARASINEWS, Selasa, 12 Juli 2022.

Sementara itu, pada simulasi tiga nama elektabilitas calon presiden tertutup, Ganjar memperoleh 32,2 persen dukungan. Disusul Prabowo dengan raihan 26,4 persen dan Anies di posisi terbawah dengan 22,3 persen. Adi mengungkapkan, Ganjar berada di puncak pada semua simulasi Elektabilitas Capres pada 14 nama hingga 3 nama.

"Para responden ditanya jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, dan Presiden Jokowi tidak boleh ikut mencalonkan diri kembali. Siapakah tokoh nasional yang akan anda pilih menjadi Presiden Republik Indonesia yaitu Ganjar Pranowo," ujarnya.

Adi menjelaskan, berdasarkan survei Ganjar dipilih menjadi presiden karena kinerjanya terbukti (26,2 persen), merakyat (24,4 persen), dan memiliki sifat yang baik (14 persen).

Adi mengungkapkan, secara umum masyarakat Indonesia memilih berdasarkan psikologis. "Sementara faktor sosiologis seperti agama, suku dan kedaerahan tampak tidak berpengaruh besar pada pilihan masyarakat. Ganjar Pranowo dipilih karena dianggap terbukti kinerjanya di Jateng," ujarnya.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 15-29 Juni 2022 dengan metode teleponhing menggunakan kuisioner yang dilakukan enumerator terlatih. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun sampel terdiri dari 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel diambil dengan metode simple random sampling dari 10.000 data target yang telah dipilih secara acak. (gn)

Editor : Donny Fahrum